(10)Spesifikasi Dan Kelebihan HP Samsung Z2

Samsung merupakan produsen yang dikenal karena inovasi dan gebrakannya. Sebagai salah satu produsen berbasis teknologi terkemuka pabrikan asal Korea Selatan ini bisa disejajarkan dengan pabrikan besar seperti Apple. Produk-produk inovatif terus diluncurkan oleh Samsung dan pada Agustus 2016 Samsung secara resmi merilis HP baru yang menggunakan OS Tizen v 2.4 hasil R&D Samsung sendiri. Smartphone ini dipasaran dikenal dengan nama Samsung Z2, tampil secara elegan dengan desain compact dan dengan dimensi 121.5 x 63 x 10.8 mm.

Fitur lain yang menarik dari produk Samsung Z2 ini adalah dukungan teknologi 4G LTE. Untuk smartphone yang ditargetkan pada kalangan middel dan high mungkin fitur ini dianggap sebagai suatu kelayakan, namun jika konsumen bisa mendapatkan dukungan teknologi 4G LTE pada HP yang dibanderol pada kisaran 1 jutaan rupiah tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Samsung Z2 memiliki ukuran layar 3,97 inci dengan teknologi TFT dan resolusi 480 x800 piksel. Sangat nyaman dan praktis digunakan.’ Untuk urusan performa Samsung Z2 disupport oleh Chipset Spreadtrum SC9830 Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7, GPU Mali-400MP2, RAM 1GB serta memori internal; 8 GB. Ringkasnya, smartphone ini cukup handal, stabil dan lancar untuk menjalankan aplikasi-aplikasi umum dari sebuah smartphone.

Ukuran baterai Samsung Z2 adalah 1500 mAH. Tidak terlalu besar memang, namun untuk ukuran layar dan prosesor yang tidak terlalu besar baterei ini dijamin cukup awet. Untuk operasi berbicara ataupun berinternet ponsel ini bisa bertahan hingga beberapa jam tanpa perlu dicharge ulang. Kemudian, Samsung memasang dual kamera pada ponsel ini dengan kamera belakang ukuran 5 MP dan kamera depan VGA.

Kelebihan Samsung Z2

 

  • Meski berbahan plastik, Samsung Z2 tampil dengan cukup elegan
  • Dukungan pada jaringan 35 LTE cat4 membuat aktivitas berinternet menjadi sangat menyenangkan. Dengan jaringan ini kecepatan download bisa mencapai 150 mbps dan kecepatan upload 50 mbs. Namun, tentunya semakin cepat koneksi internet, kuota juga semakin cepat habis. Yang jelas streaming, bermain game online atau bersosial media menjadi sangat menyenangkan.
  • HP Samsung Z2 sudah mensupport teknologi Voice over LTE (VoLTE) untuk melakukan panggilan suara dan video call dengan kualitas audio yang bagus dan lancar. Teknologi ini penting karena seiring perkembangan teknologi internet banyak pengguna yang melakukan video atau tele conference dengan orang-orang di seluruh dunia. Jadi kualitas audio visual menjadi semakin dituntut.
  • Dual SIM yang bisa diaktifkan secara bersamaan memungkinkan pengguna terhubung dengan mudah kepada lebih banyak orang. Keuntungan lainnya adalah jika sewaktu-waktu salah satu kartu kehabisan pulsa maka kartu yang lain bisa menjadi cadangannya.
  • HP Samsung Z2 memiliki layar 3,97 inci IPS LCD yang nyaman dan responsif saat dipakai, dimensinya 121.5 x 63 x 10.8 mm sangat nyaman saat digenggam dan dibawa kemana-mana. Bagi pengguna yang lebih sering menggunakan HP untuk keperluan komunikasi secara mobile, maka HP Samsung Z2 bisa menjadi pilihan yang sempurna.
  • yang memiliki handling yang sangat nyaman dalam genggaman.
  • HP Samsung Z2 menggunakan OS Tizen v.2.4 yang diklaim memiliki performa yang lebih baik dibandingkan sistem Android sekelasnya. Dengan sistem operasi ini HP Samsung Z2 bisa menjalankan semua aplikasi di dalamnya secara lancar dan stabil.
  • Untuk menjalankan sistem operasi Android yang terbilang canggih, Samsung Z2 dilengkapi dengan Prosesor Spreadtrum SC9830 dan processor Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 di mana kedua prosesor ini dikenal memiliki kinerja cepat dan responsif. Jadi, stabilitas operasi untuk semua aplikasi yang disupport oleh ponsel ini dijamin.
  • RAM 1 GB memang untuk ukuran smartphone saat ini terbilang biasa-biasa saja. Namun, sekali lagi jangan lupa bahwa yang didukung oleh RAM 1GB ini adalah ponsel dengan kapasitas yang tidak menjalankan banyak operasi rumit. Jadi, RAM 1 GB sudah terlalu ideal. Di samping itu juga tersedia memori internal 8GB dan GPU Mali 400MP2 menjadikan performa multitasking menjadi sangat lancar.
  • Untuk memenuhi kebutuhan para penggemar selfie dan foto-foto, HP Samsung Z2 dilengkapi kamera belakang 5 MP dengan fixed fokus dan LED flash seperti yang dipakai pada smartphone-smartphone di atasnya. Sebagai kamera utama, kamera belakang ini menghasilkan foto-foto yang sangat bagus untuk diunggah di sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter. Selain itu kamera Samsung Z2 juga mendukung mode perekaman video HD 720p@30fps
  • Ditunjang baterai 1500 mAH ponsel ini mampu bertahan cukup lama tanpa perlu sering-sering mencharge ulang.
  • Dari semua kelebihan diatas yang paling menarik dari Samsung Z2 adalah dari sisi harga. Samsung hanya mematok harga Rp. 899.000. Dibanding ponsel-ponsel dengan harga serupa kiranya konsumen akan lebih melirik HP bikinan Samsung ini.

Kekurangan Samsung Z2

 

  • Layar ukuran 3.97 inci tentunya sedikit di bawah ekspektasi para penggemar HP android. Bagi penggemar game dan juga streaming video di smartphone tentu ponsel ini kurang dipandang. Pasalnya, selain layar kecil juga resolusinya terlalu rendah yakni hanya 400 x 800 piksel. Namun bagi yang hanya suka bermain game atau streaming video sekadarnya saja ponsel ini sudah lebih dari cukup.
  • Meski dilengkapi OS Tizen v.2.3 yang sangat responsif dan stabil, jenis-jenis game yang bisa dimainkan di dalamnya atau tersedia dalam Tizen store sangat terbatas. Tapi jika dilihat dari sisi lain, tentunya OS ini sudah lebih dari ekspektasi.
  • Layar yang cukup mungil 3.97 inchi dengan resolusi layar yang rendah hanya 400 x 800 piksel, sehingga kurang mantab jika digunakan untuk main game maupun menonton video.
  • OS Tizen v 2.4 memang performanya responsif, tapi ekosistem Tizen, aplikasi serta game yang tersedia di Tizen store jumlahnya juga masih sangat terbatas. Berita baiknya, OS Tizen v 2.4 termasuk yang tercanggih untuk ponsel denganukruan layar hanay 3,97 inci.
  • Berita buruknya lagi adalah Samsung Z2 tidak mendukung aplikasi sosial media BBM dan Path. Sangat disayangkan karena keduanya termasuk aplikasi chatting yang sangat populer di Indonesia.

Pecinta selfie pasti kurang menyukai ponsel ini. Pasalnya, kamera depan hanya VGA dan tentunya menghasilkan gambar yang kurang maksimal.

Demikianlah sekilas ulasan tentang Samsung Z2 yang bisa dijadikan referensi bagi para pencari ponsel. Ukurannya yang tergolong minimalis untuk sebuah smartphone tentunya akan sangat nyaman dibawa kemana saja. Daya tarik utama dari ponsel ini adalah harganya yang secara resmi dibanderol pada Rp. 899.000.

sumber: http://www.infohpsamsung.com

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar