Cara Melancarkan Menstruasi Dengan Tekhnik Sederhana

Datang bulan menjadi hal yang paling dinanti oleh sebagian besar perempuan. Banyak perempuan yang menginginkan mendapatkan menstruasi di waktu yang normal dan datang secara lancar. Namun tidak semua wanita mengalami hal tersebut. Tetapi tak perlu khawatir, anda tetap bisa melancarkan menstruasi dengan beberapa cara melancarkan menstruasi berikut.

Sebelum anda ingin lebih jauh mengetahui cara melancarkan haid, anda harus tahu dulu apa yang menyebabkan haid menjadi terlambat atau datang terlalu cepat. Padahal siklus normal haid adalah 28-35 hari, namun anda mengalami kadang lebih kadang kurang.

Banyak orang yang tidak mengetahui penyebab awal haid mereka tidak lancar. Seharusnya, anda mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab haid yang anda alami tidak lancar. Karena ada banyak faktor yang menyebabkan haid tidak lancar, selain dari kehamilan.

Faktor Penyebab Haid Tidak Lancar

Obesitas

Faktor pertama yang menyebabkan haid anda tidak lancar mungkin karena obesitas. Sebagian besar wanita yang mengalami obesitas akan menyebabkan menstruasi yang dia alami tidak lancar. Jika anda memiliki berat badan yang tidak wajar, itu menjadi salah satu faktor menstruasi tidak lancar.

Stress

Faktor kedua yang bisa membuat menstruasi anda tidak lancar adalah stress. Perempuan yang mudah terkena stress, maka dia akan mengalami haid yang tidak lancar. Stres yang tidak lancar akan mempengaruhi hormon menstruasi pada wanita.

Penyakit

Faktor ketiga adalah penyakit yang anda idap bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan anda mengalami ketidaklancaran haid. Penyakit tersebut terdiri dari penyakit tiroid, endometriosis, gangguan hormon, dan penyakit kronik lainnya.

Ketiga faktor itu menjadi salah satu penyebab haid anda tidak lancar. Jika anda memang sudah mengalami masalah haid yang tidak lancar dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai menstruasi yang tidak lancar.

Selain melakukan beberapa pemeriksaan, anda juga bisa melakukan beberapa cara memperlancarkan menstruasi dengan cara yang aman serta tanpa efek samping apapun. Anda bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang sudah tersedia untuk cara melancarkan menstruasi anda.

Berikut Beberapa Cara Melancarkan Menstruasi

Dengan Makanan Sehat

Biji Wijen

Anda tahu wijen? Wijen adalah biji-bijian yang biasa digunakan pada kue onde-onde. Ternyata, selain untuk mempercantik tampilan onde-onde, biji wijen juga bisa di manfaatkan untuk makanan memperlancar haid. Caranya? Anda bisa mencampurkan biji wijen dengan makanan seharian anda.

Nanas

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini? Buah nanas merupakan buah yang cukup baik untuk melancarkan proses peluruhan sel telur yang menempel pada dinding rahim. Sehingga dengan mengkonsumsi nanas anda bisa melancarkan haid anda.

Pepaya

Kandungan serat yang cukup banyak dalam papaya dapat membantu untuk meluruhkan sel telur. Jika anda ingin mendapatkan haid secara lancar, anda bisa mengkonsumsi buah papaya setiap hari. Selain buat melancarkan haid, papaya juga memilikikhasiat untuk melancarkan pencernaan anda.

Masih banyak makanan yang bisa anda konsumsi untuk melancarkan menstruasi anda. Seperti ikan salmon, pisang, mangga, asam jawa, brokoli, dan makanan sehat lainnya. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi junk food.

Kendalikan Stress

Anda sudah mengetahui apa yang menyebabkan haid menjadi tidak lancar, salah satunya stress. Agar haid anda lancar dan tidak telat, maka anda diharuskan untuk bisa mengendalikan stress yang anda alami. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengendalikan stress.

Atur Manajemen Waktu

Salah satu pemicu stress adalah manajemen waktu yang buruk, hal ini bisa membuat anda merasa tertekan. Agar anda bisa mengendalikan stress, cobalah untuk mengendalikan waktu anda untuk lebih baik dan lebih terorganisir.

Istirahat

Stres bisa dipicu karena istirahat yang kurang akibat padatnya rutinitas harian. Agar anda terhindar dari stress akibat kelelahan, anda diharuskan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Cobalah untuk bisa beristirahat selama 7-8 jam untuk memulihkan tubuh anda.

Olahraga yang Teratur

Cara terbaik untuk bisa mengendalikan stress adalah dengan berolahraga. Selain bisa menjernihkan pikiran, olahraga pun akan membantu anda untuk memulihkan tubuh dari rutinitas harian yang cukup melelahkan. Cobalah untuk mengatur waktu agar anda bisa terhindar dari stress.

Mungkin beberapa tips ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah haid tidak lancar. Jika memang haid anda benar-benar tidak dapat dilakukan dengan cara diatas, maka sudah seharusnya anda melakukan pemeriksaan ke dokter, anda bisa datang melakukan pemeriksaan ke Klinik Utama Gracia.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar