Info Pajak dan Retribusi, Pahami Persamaan dan Perbedaannya

Sebagian orang di Indonesia hingga sekarang ini masih merasa asing dengan istilah seperti retribusi dan pajak. Info pajak yang di dapatkan kadang kurang sehingga selalu menyamaratakan keduanya. Padahal, kedua istilah ini berbeda satu sama lain. Meskipun sama-sama dibebankan pada masyarakat, peruntukan dua jenis pungutan ini berbeda. agar lebih mengetahui perbedaan pajak dan retribusi, berikut ulasan yang bisa Anda simak.

Awam umumnya mengira saat membayar retribusi, mereka juga telah membayar pajak. Hal ini dikarenakan masyarakat lebih akrab bersinggungan dengan pembayaran retribusi dibandingkan dengan pajak. Contohnya seperti retribusi parkir, retribusi pelayanan kesehatan hingga pengujian kendaraan bermotor. Sebenarnya, apa retribusi? Retribusi merupakan pungutan yang dikenakan masyarakat atau warga yang mempergunakan fasilitas yang disediakan oleh negara. Di dalam istilah lain, retribusi merupakan pungutan daerah sebagai pembayaran pemberian ijin tertentu atau jasa yang disediakan oleh pemerintah daerah.

Ada beberapa jenis retribusi, berikut jenis-jenisnya, antara lain:

  1. Retribusi jasa umum. Retribusi ini seperti pelayanan kesehatan, persampahan atau kebersihan, penggantian biaya cetak KTP, retribusi pelayanan pemakaman, retribusi pelayanan parkir di jalanan umum, retribusi pelayanan pasar dan yang lainnya,
  2. Retribusi jasa usaha. Retribusi ini meliputi retribusi penggunaan kekayaan daerah, retribusi tempat pelelangan, retribusi terminal, retribusi tempat khusus parkir, retribusi rumah potong hewan, retribusi penyeberangan air, retribusi penjualan produksi usaha daerah dan yang lainnya,
  3. Retribusi perizinan. Retribusi ini meliputi retribusi ijin IMB, retribusi tempat menjual minuman beralkohol, retribusi ijin gangguan hingga usaha perikanan.

Bagaimana dengan info pajak? Pajak adalah iuran masyarakat pada negara yang didasari pada undang-undang serta bisa dipaksakan. Tetapi pembayaran pajak tidak memperoleh balas jasa secara langsung. Pajak adalah kewajiban finansial yang dikenakan pada WP atau Wajib Pajak oleh negara. Pajak di pungut sesuai norma hukum untuk menutup biaya produksi serta jasa kolektif untuk mencapai kesejahteraan umum. Jika menghindari pembayaran pajak, hal ini termasuk dalam tindakan melawan hukum. Oleh sebab itu pelajari jenis pajak dengan baik agar tidak terlibat masalah hukum.

Sesudah mengetahui istilah dari pajak dan retribusi, Anda harus mengetahui persamaan antara retribusi dan pajak. Persamaan dari retribusi dan pajak ialah bentuk pungutan yang dibebankan pada masyarakat. Sudah pasti keduanya mempunyai sifat sama-sama dapat dipaksakan. Selain itu pajak dan retribusi sama-sama dijalankan untuk tercapainya kesejahteraan. Perbedaan dari retribusi dan pajak adalah, balas jasa yang di dapatkan. Untuk pajak, para Wajib Pajak tidak langsung mendapatkan balas jasa, namun dikumpulkan terlebih dulu dan didistribusikan bagi kepentingan umum, sedangkan masyarakat yang membayar retribusi akan langsung menikmati apa yang dibayar seperti membayar uang parkir. Selain itu untuk pajak dikelola oleh pemerintah pusat dan daerah, dan retribusi hanya dikelola pemerintah daerah.

Pajak serta retribusi adalah jenis pungutan yang dibebankan pemerintah pusat atau pemerintah daerah pada masyarakat. Perbedaan secara gamblang berada pada manfaat yang diperoleh. Untuk retribusi akan langsung dirasakan manfaatnya karena fasilitas yang diberikan oleh pemerintah secara langsung dirasakan oleh si pembayar retribusi, sementara untuk pajak, pembayaran pajak dipergunakan untuk kepentingan yang jauh lebih besar, bisa jadi tidak akan langsung terlihat ketika itu juga. Sebagai warga negara yang baik, kita hanya perlu taat membayar kedua hal tersebut dan ikut andil dalam pembangunan negara untuk kesejahteraan masyarakat. Semoga info pajak dan retribusi ini bisa membantu Anda.

 

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar