Ketahui 6 Cara Dan Teknik Pemasaran Yang Hemat Biaya Untuk Bisnis Kecil

Baik bisnis besar maupun kecil membutuhkan strategi pemasaran yang baik supaya dapat menjangkau lebih banyak pengunjung. Ide-ide kreatif dibutuhkan supaya usaha dapat diperkenalkan usaha dengan tepat dan target pemasaran pun tercapai. Bagi bisnis kecil yang minim dan sangat memperhatikan biaya, bukan berarti menjadi alasan untuk mengesampingkan strategi pemasaran.

Lalu bagi bisnis kecil, kira-kira apa saja ya yang bisa dilakukan untuk memasarkan usahanya tanpa mengeluarkan biaya yang terlalu besar? Berikut telah kami kumpulkan informasi selengkapnya:

  • Media sosial untuk bisnis kecil

Memasarkan bisnis lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram cukup membantu. Terutama karena meningkatnya jumlah para pengguna media sosial di masa kini. Cobalah buat akun untuk bisnis Anda di media sosial. Tak hanya hal tersebut membantu bisnis menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, Anda juga akan dapat berkomunikasi secara lebih mudah dengan para pelanggan setia.

Secara berkala, pasang video maupun foto menarik seputar bisnis kecil tersebut. Tujuannya, supaya pelanggan makin dekat dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, lewat media sosial biasanya para pelanggan juga memiliki ruang untuk memberi review bagi bisnis tersebut. Akan menguntungkan apabila review yang ditulis memberi kesan positif, sehingga membuat pelanggan potensial yang membaca semakin yakin untuk membeli produk maupun layanan di tempat bisnis yang baru dirintis ini.

  • Minta pelanggan mereferensikan bisnis

Cobalah juga untuk mengajak pelanggan mereferensikan bisnis tersebut. Caranya bisa dengan membuat program referensi seperti memberi potongan harga atau penawaran menarik bagi pelanggan yang berhasil mengajak orang lain untuk berbelanja.

  • Cek keberadaan di dunia maya

Selain memastikan keberadaan bisnis di jejaring sosial, cobalah juga untuk memastikan bisnis tersebut dapat ditemukan keberadaannya di dunia maya. Misalnya bisa dengan membuat website atau blog, atau bagi bisnis kuliner dapat mendaftarkan keberadaan tempat usaha di website seperti TripAdvisor, Foursquare, Zomato, dan lain-lain. Pastikan segala informasi penting seputar tempat usaha seperti alamat, nomor telepon, hingga jam buka sudah tepat supaya dapat ditemukan dengan lebih mudah oleh calon pelanggan yang tertarik.

  • Bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya

Cara pemasaran lain adalah dengan bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya. Misalnya Anda memiliki warung makan kecil lalu bekerja sama dengan toko sembako kecil sekitar yang biasa dijadikan langganan membeli kebutuhan bahan baku. Maka bisa saling bekerja sama untuk memasarkan usaha satu sama lain kepada pelanggan masing-masing. Salah satunya dengan cara memberikan kupon potongan harga untuk pelanggan yang berbelanja di kedua bisnis tersebut.

  • Bagi ilmu melalui workshop

Cobalah untuk membagikan ilmu, terutama terkait produk maupun layanan yang dijual oleh bisnis Anda melalui workshop. Banyak orang yang cenderung tertarik untuk mengenal suatu layanan atau produk, terutama yang bisa menambah pengetahuan mereka. Keuntungannya bagi bisnis tersebut tentu saja karena kemungkinan memperkenalkan produk atau layanan yang disediakan kepada masyarakat jadi meningkat.

Kedai kopi bisa dibilang model bisnis yang sering melakukan hal tersebut. Misalnya saja dengan menggelar workshop bertemakan meracik kopi yang benar, memilih biji kopi yang baik, latte art, tips memilih peralatan kedai kopi, dan lain sebagainya.

  • Manfaatkan data seperti nomor WhatsApp, telepon, hingga e-mail

Ketika bisnis kedatangan pembeli pasti rasanya senang. Apalagi jika pembeli bisa kembali lagi untuk berbelanja di tempat bisnis tersebut, bukan? Maka dari itu cobalah untuk meminta pelanggan yang sudah datang untuk mengisi formulir berisi informasi seputar nama, nomor kontak untuk WhatsApp atau no. telp, hingga alamat e-mail (jika memungkinkan).

WhatsApp dan e-mail dapat digunakan sebagai sarana mengirimkan sms, broadcast message newsletter atau informasi-informasi menarik secara berkala kepada para pelanggan untuk menciptakan kesan positif yang membuat pelanggan ingin datang lagi. Bisa juga dengan menawarkan kupon atau potongan harga.

sumber: sinergy world

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar