RESEP KLEPON PANDAN LEGIT ISI GULA MERAH.

Kue klepon merupakan salah satu jenis kue basah. Kue ini juga termasuk jajanan tradisional yang sudah sangat popular di Indonesia. Dari mulai anak-anak, orang dewasa bahkan lanjut usia pun sangat menyukai kue yang satu ini. Rasa nya yang manis, lembut dan gurih bagian luar nya membuat kue ini menjadi favorit di masyarakat. Kue klepon sendiri terdapat dua jenis yaitu klepon Ketan dan klepon ubi. Dimasyarakat sendiri lebih menggemari klepon Ketan dengan isi gula merah di dalamnya. Kue klepon ketan berbahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan sedikit tepung beras juga bahan pelengkap lainnya.

Untuk itu, kali ini saya akan membahas bagaimana resep cara membuat klepon yang legit dan manis denga isi gula merah. Hmm membacanya saja sudah kebayang bagaimana lezatnya ya hehe

Biasanya kue ini dijual di pasar tradisional bersama dengan jajanan tradisional lainya, seperti kue putu ayu, lapis legit, gethuk, onde-onde dan masih banyak lagi. Kue kelpon umumnya dijual dengan harga kisaran Rp.2000.- atau Rp.3000.- per bungkusnya. Tiap bungkus  terdiri dari 5-6 kue klepon.

Membuat kue klepon sendiri ternyata cukup mudah, karna dari bahan-bahanya saja dapat kita cari dengan mudah  di warung atau toko sekitar rumah. Meski kue klepon dijual dengan harga murah, namun bagi anda yang memiliki waktu luang dirumah, tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat kue klepon ini sendiri . Selain mudah, membuat klepon sendiri juga lebih hemat dan kita dapat menjamin kesehatan dari kue yang dibuat.

Nah, yuk langsung saja simak langkah-langkah pembuatan kue kelpon berikut :

Bahan-Bahan yang dibutuhkan :

  • 450 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung beras
  • 1/2 garam sdt halus
  • gula merah secukupnya ( disisir halus )
  • air secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
  • kelapa parut yang tidak terlalu tua secukupnya untuk taburan
  • pasta pandan secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan :

  1. Campurkan tepung ketan dan tepung beras dalam satu wadah, kemudian aduk rata
  2. Masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung, aduk rata
  3. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas
  4. Bentuk bulat-bulat adonan yang sudah diuleni sampai kalis dan beri isi gula merah pada bagian tengahnya ( lakukan sampai adonan pas )
  5. Rebus adonan yang sudah dibentuk bulat dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang
  6. Sambil menunggu adonan matang, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam lalu dikukus sebentar
  7. Angkat adonan lalu tiriskan kemudian gulingkan dengan kelapa parut yang sudah dikukus hingga merata
  8. Kue klepon legit isi gula merah siap untuk dinikmati

Bagaimana sudah siapkah anda untuk mempraktikannya? Jika anda buth resep untuk membuat kue lainnya silahkan menuju situs terkemuka dari sri boga di situs inspirasi baking

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar