Sumber air bersih yang ada menjadi sumber penghidupan

Sumber air adalah komponen yang paling utama dalam sebuah kehidupan. Berikut Macam – macam sumber air bersih :

  1. Air Tanah

Air Tanah merupakan air yang berada dibawah tanah mengalir memalui rongga tanah. Air tanah lebih banyak tersedia daripada air hujan. Air Tanah biasanya memiliki kandungan besi yang sangat tinggi.

  1. Air Atmosfer

Air angkasa adalah air yang terjadi karena proses penguapan yang selanjutnya terkondensasi dan akhirnya jatuh sebagai air hujan. Air angkasa ini memiliki sifat lunak, sehingga akan boros dalam pemakaian.

  1. Air permukaan

Air permukaan adalah air hujan yang mengalir dari dipermukaan bumi. Yang berada pada tempat atau wadah. Atas permukaan daratan yaitu sungai, bendungan danau. Air permukaan dapat terjadi melalui aliran permukaan bumi, aliran air tanah, dan campuran dari keduanya. Air permukaan ada dua macam yaitu:

  1. Air sungai

Air sungai dalam setiap penggunaannya sebagai air bersih haruslah melakukan pengolahan yang memenuhi syarat. Mengingat jika air sungai pada umumnya memiliki derajat pengotoran yang sangat tinggi.

  1. Air Rawa dan danau

Pada kebanyakan air rawa atau danau ini berwarna karena disebebkan oleh adanya zat – zat organik yang membusuk. Contohnya asam humus yang larut dalam air yang selanjutnya menyebabkan warna kuning kecoklattan. Sehingga dengan ini pada umumnya kadar besi (Fe) dan mangan (Mn) akan tinggi juga. Sedangkan kandungan Oksigen (O2) sangat kurang. Ini dapat mengakibatkan permukaan air akan di tumbuhi algae atau lumut karena kurangnya ada sinar matahari.

  1. Mata air

Mata air adalah air yang berada di dalam tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah.

Demikianlah ulasan singkat tentang Sumber air bersih, semoga anda dapat mendapat pengetahuan baru yang bermanfaat dari artikel ini yang lebih khususnya pengetahuan tentang pengolahan air bersih

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar