Tanaman Obat dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Kalian mungkin sudah tahu kalau di Indonesia sudah ada banyak obat tradisional yang dapat kalian ketahui. Dan apalagi jika kalian  masih memiliki orang tua atau pun kakek dan nenek yang sudah  merasakan bagaimana hidup di Indonesia pada zaman dulu, mereka pasti tahu resep untuk membuat ramuan tradisional dari berbagai macam tanaman obat. Ada macam-macam tanaman obat yang dapat mengobati penyakit dalam maupun luar. Bahkan ada juga yang bisa bermanfaat untuk kecantikan. Daripada sedikit sakit terus minum obat yang sudah pasti mengandung bahan kimia, lebih baik obati penyakit Anda dengan cara herbal. Berikut ada beberapa tanaman herbal yang dapat kalian ketahui antara lain :

Kumis kucing

Kumis kucing sudah tidak saing lagi di Indonesia. Pada tanaman yang mempunyai nama latin Orthosiphon aristatus ini pasti sudah lama sekali kalian dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh kalian. Karena tanaman ini juga dapat dijadikan bahan untuk membuat ramuan herbal dengan racikan dan juga takaran tertentu sehingga bahan tersebut menjadi obat yang sangat ampuh yang dapat di gunakan untuk obat yang bagus. Kunjungi: www.entrydipo.com

Karena manfaat dari tanaman tersebut  yang paling terkenal yaitu sebagai obat kencing batu. Tanaman ini juga akan meluruhkan kencing batu sehingga dapat melancarkan saluran kemih dan selain itu juga tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati rematik, asam urat, batuk, masuk angin, diabetes, dan hipertensi dan lain lain.

Keji Beling

Pada tanaman keji beling ini sudah sangat terkenal di kalangan ahli herbal pada umumnya. Karena tanaman ini pasti sudah bayak tumbuh di pekarangan rumah kalian dan juga memiliki beragam manfaat, dan apalagi bagian bagian pada tanaman ini hampir sudah semua bisa dimanfaatkan. Daun keji beling banyak mengandung zat penting seperti fosfor, natrium, kalsium dan kalium. Pada bagian akarnya nya juga banyak mengandung polifenol dan flavonoid sedangkan bagian batang nya pun mengandung saponin dan tanin yang ada di dalamnya.

Manfaat tanaman keji beling bisa digunakan sebagai obat batu ginjal, diare, menurunkan kolestrol, liver, maag, dan mengobati kencing manis. Dan salah satu keuntungan untuk mengetahui tanaman obat dan juga khasiatnya yang akan mempermudah kalian dalam memilih obat dari penyakit yang diderita tersebut.

Landep

 

Nama tanaman ini ladep, mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Tanaman yang berasal dari Afrika Selatan dan Asia tropik ini mempunyai banyak khasiat sebagai tumbuhan obat keluarga karena menyimpan ragam kandungan seperti saponin, garam kalium, flavonoid, tanin, dan silikat. Bagian akarnya mengandung flavonoid, saponin, dan polifenol.

Daun landep mempunyai khasiat untuk mengatasi rasa sakit ketika kencing atau sebagai peluruh kencing. Kemampuan tersebut dimiliki oleh daun landep karena mempunyai sifat diuretik dari kandungan-kandungan kimiawi yang secara alami berada di dalamnya. Selain bagian daunnya, bagian akar landep juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan demam. Sedangkan kulit kayunya mempunyai khasiat untuk meluruhkan dahak dan keringat.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar