Tempat Wisata di Raja Ampat

Anda tentunya mengetahui bahwa Raja Ampat sendiri merupakan tempat wisata laut yang sangat indah. Namun tahukah Anda bahwa Raja Ampat ternyata terdiri dari banyak tempat wisata? Namun, banyaknya tempat wisata yang terdapat di Raja Ampat tidaklah seperti tempat wisata yang biasa Anda kunjungi. Anda tentunya akan terpukau dengan pesona keindahan alam. Mulai dari kepulauannya, koralnya, karangnya dan segala – galanya.

Tempat Pencucian Pari Manta

Sebelumnya Anda perlu mengetahui bahwa Pari Manta merupakan jenis ikan Pari yang senang membersihkan diri. Namun uniknya, hal ini dilakukan oleh para ikan angelfish yang jumlahnya sangat banyak. Ikan ini biasanya membersihkan tubuh ikan pari agar terhindar dari parasit dan luka – luka yang menyebabkan infeksi terhadap ikan pari manta tersebut.

Nah, tempat ini adalah tempat dimana biasanya ikan pari marta tersebut melakukan pembersihan diri. Biasanya ada berpuluh – puluh ikan pari manta yang sedang mengantri untuk dibersihkan oleh para ikan angelfish.

Bagaimana cara Anda melihat? Anda nantinya akan didampingi oleh guide dan Anda akan melihat dari bagian bawah ikan tersebut. Anda juga akan diikat oleh tali yang dihubungkan ke karang karena khawatir Anda akan terbawa arus dari air laut.

Kepulauan Wayag

Kepulauan Wayang ini terletak di daerah Desa Waigeo Barat, Raja Ampat, Papua Barat. Dibutuhkan waktu sekitar 6 jam jika Anda menuju Kepulauan Wayang dari daerah Sorong.

Kepulauan ini terdiri dari banyak gugusan pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan yang hijau. Jika Anda berada pada kepulauan  ini, Anda harus mengunjungi Pulau Karang untuk memacu adrenalin Anda. Karena puncak pulau Karang memiliki kemiringan hingga 90 derajat. Meskipun begitu, setelah Anda sampai pada puncaknya, Anda akan terbius dengan pemandangan Raja Ampat yang sangat indah layaknya surga dunia.

Waitanta

Waitanta ini merupakan tempat Kalkun Bruijn dengan kepala merah yang sangat langka itu dijaga. Awalnya dianggap kalkun ini telah punah. Namun dengan keahlian yang lebih lagi akhirnya ditemukan kembali kalkun tersebut meskipun jumlahnya sangat sedikit.

Pulau Salawati

Perairan di pulau Salawati, banyak terdapat serpihan kapal laut dan pesawat yang tenggelam akibat adanya perang dunia ke dua. Meskipun dulunya terlihat seram, namun siapa sangka kini Pulau Salawati menjadi salah satu objek wisata yang indah dan menjadi rumah bagi ikan kecil yang ada didalamnya.

Perairan Pulau Misool

Misool termasuk salah satu pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat. Misool sendiri berbatasan langsung dengan perairan laut lepas ( jalur lintas hewan ) dan Laut Seram. Selain itu terdapat pula Blue Water Mangrove yang dikenal indah dengan bakau dan terumbu karangnya. Selain itu ikan yang terdapat di perairan ini juga sangat beragam.

Nah itu dia beberapa tempat wisata yang dikenal karena keindahannya di kawasan Raja Ampat. Tak perlu berkelana jauh sampai ke luar negeri bukan? Dengan pesona keindahan berstandar dunia, Raja Ampat mampu membius para pengunjungnya agar terus menikmati keindahan yang ada di bumi Indonesia.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar