Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng yang Menantang

Jika anda pecinta alam dan suka mendaki gunung tak ada salahnya jika anda mencoba wisata pendakian Gunung Prau Dieng. Gunung yang tidak memiliki kawah atau tidak berapi ini biasanya menjadi salah satu tempat pendakian favorit bagi para pemula karena tidak terlalu tinggi dan durasi pendakian yang begitu cepat. Para pemula yang hendak mencoba mendaki gunung biasanya mereka memulai dari Gunung Prau ini. Jika anda tertarik mari kita bahas ulasannya berikut ini.

Sebelum anda mendaki gunung yang ekstrem ada baiknya jika anda mencoba dahulu dengan wisata pendakian Gunung Prau Dieng. Bila anda ingin menakhlukkan Gunung Merapi atau Merbabu yang ada di Jawa Tengah anda bisa memulainya dahulu dengan Gunung Prau. Banyak para pendaki amatir yang mencoba mendaki gunung yang diapit oleh 3 kabupaten ini. Gunung Prau diapit oleh 3 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal. Ada 2 jalur pendakian yang bisa anda pilih yaitu jalur utara dan jalur selatan. Pendakian jalur utara melewati desa Genting Gunung dari Kabupaten Kendal, desa Balong dan desa Kenjuran. Namun, pendakian melewati jalur utara biasanya memakan waktu lama yaitu sekitar 6 jam dan jarang diminati.

Pendakian jalur selatan yaitu melalui Desa Patak Banteng yang ada di dataran tinggi Dieng. Pada jalur selatan ini durasi pendakian hanya sekitar 2-3 jam perjalanan saja. Dengan waktu pendakian yang singkat tersebut maka tak heran jika banyak pendaki yang mengambil pendakian jalur selatan. Mungkin jika anda sedang berada di Yogyakarta anda bisa mengambil paket tour Dieng karena banyak sekali tempat wisata tambahan yang bisa anda pilih dan salah satu contohnya yaitu pendakian Gunung Prau. Gunung yang tingginya 2.565 meter di atas permukaan laut ini adalah salah satu gunung yang mempunyai pemandangan yang sangat indah. Bagaimana tidak? Puncak gunung ini sendiri sangat berbeda dengan gunung lainnya karena puncak Gunung Prau berupa padang rumput yang sangat luas dan panjang.

Perjalanan saat pendakian pun juga tak kalah eloknya dengan pemandangan puncak. Di perjalanan anda akan disuguhi dengan bukit-bukit hijau dan juga taman bunga yang indah. Bukit hijau yang ada di Gunung Prau sering disebut juga dengan bukit Teletubies karena sangat mirip dengan bukit hijau pada Teletubies. Hamparan rumput dan juga pepohonan yang hijau menjadikan para pendaki begitu menikmati perjalanan menuju ke puncak gunung. Tidak hanya itu saja, anda juga akan menemukan hamparan taman bunga Daisy saat mendaki gunung tersebut. Di Gunung Prau anda akan melihat bunga-bunga Daisy bermekaran dengan warnanya yang indah saat anda mendaki pada musim kemarau.

Bukit Teletubies tersebut bisa anda temukan saat anda sudah tiba di pos 3 pendakian. Total ada 3 pos pendakian yang akan anda temui jika mendaki Gunung Prau. Pos pertama anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda karena banyak pedagang yang menjual makanan di sini. Anda juga akan menemukan tukang ojek di pos 1. Untuk pos 2 anda sudah memasuki area hutan Gunung Prau yang didominasi oleh pohon pinus dan juga pohon cemara. Saat di pos 3 itulah anda akan berjumpa dengan bukit Teletubies yang indah dan hijau. Setelah mencapai puncak maka anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa, jika anda tertarik mungkin anda harus menyempatkan diri untuk bisa menikmati wisata pendakian Gunung Prau Dieng.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar