5 Tempat Wisata di Kabupaten Toraja Utara yang Wajib Dikunjungi

Tana Toraja terkenal dengan tradisi adatnya yang masih kental dan terjaga hingga saat ini. Namun, tahukah Anda bahwa Toraja juga menyimpan keindahan alam yang tidak kalah dengan daerah lain? Banyak sekali tempat wisata yang belum diekspos ke masyarakat luas terutama di kabupaten Toraja. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 5 tempat wisata di Toraja Utara sebagai referensi destinasi berlibur Anda dan keluarga.

wisata toraja

wisata toraja

Tempat Wisata di Toraja Utara

  1. Ollon

Jika Anda pergi berlibur ke Toraja bersama keluarga, Ollon menjadi pilihan yang tepat. Ollon merupakan hamparan perbukitan yang dipenuhi dengan padang rumput. Tempat ini sangat luas sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkemah bersama keluarga atau teman Anda. Pemandangan di sekitarnya sangat indah sehingga Anda dapat berfoto atau menguji skill fotografi Anda di sini. Objek wisata ini terletak di Desa Bau, Bonggakadeng dengan jarak kurang lebih 45 km dari kota Makale.

 

  1. Tugu Salib Raksasa Bukit Singki

Tugu salib ini diresmikan pada tahun 2012 oleh pemerintah setempat sebagai peringatan 100 tahun masuknya agama kristen ke Toraja. Salib raksasa ini menjadi wisata religi bagi umat kristiani dan kebanggaan masyarakat Toraja yang mayoritas beragama kristen. Meskipun begitu, tempat wisata di Toraja Utara ini dapat dikunjungi oleh siapa pun. Salib berukuran besar ini dibangun di atas bukit sehingga untuk mencapainya pengunjung harus menaiki tangga-tangga yang telah disediakan. Selama di perjalanan pengunjung akan sering menjumpai rumah-rumah kecil atau patane yang berfungsi sebagai makam. Selain itu, terdapat beberapa gua di lereng bukit yang juga berfungsi sebagai kuburan. Saat sampai di atas bukit, Anda akan disuguhi pemandangan kota Rantepao. Pemukiman warga yang padat dan juga aliran sungai Sa’dan.

 

  1. Bori Kalimbuang

Bori Kalimbuang merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari jaman perunggu di Toraja yang masih utuh dan terjaga sampai saat ini. Destinasi wisata bersejarah ini terletak di Toraja Utara kurang lebih 5 km dari kota Rantepao. Untuk mencapai ke destinasi Tana Toraja ini harus melewati jalan yang terjal sehingga Anda harus berhati-hati jika ingin ke sini. Di sini terdapat batu-batu menjulang dan berjajar rapi yang disebut dengan menhir. Menhir merupakan batu berukuran besar yang dipahat dan disimpan tegak di atas tanah. Anda dapat menyaksikan sendiri bukti kehidupan nenek moyang ribuan tahun yang lalu di tempat wisata di Toraja Utara ini.

 

  1. Batutomonga

Batutomonga dikenal dengan sebutan negeri di atas awan. Tempat ini terletak di lereng gunung Sesean, gunung tertinggi di Toraja yang berjarak kurang lebih 24 km dari kota Rantepao. Anda tidak perlu naik ke puncak gunung Sesean untuk menikmati keindahan Tana Toraja dari atas dengan latar belakang pohon, matahari, awan, dan kabut. Tak heran jika tempat ini disebut negeri di atas awan.

  1. Air Terjun Tujuh Tingkat

Tempat wisata di Toraja Utara lainnya yang harus Anda kunjungi ialah air terjun tujuh tingkat. Seperti namanya, air terjun yang unik ini memiliki tujuh tingkatan dengan ketinggian dan debit air yang berbeda. Panorama bak lukisan ini dapat Anda lihat secara langsung di Toraja.

Itulah 5 paket tour toraja 3 hari 2 malam yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Toraja. Destinasi wisata alam ini dapat membuat Anda lupa sejenak terhadap hiruk pikuk perkotaan. Selamat berlibur!

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar