Ketahui 6 Cara Dan Teknik Pemasaran Yang Hemat Biaya Untuk Bisnis Kecil

Baik bisnis besar maupun kecil membutuhkan
strategi pemasaran yang baik supaya dapat menjangkau lebih banyak pengunjung.
Ide-ide kreatif dibutuhkan supaya usaha dapat diperkenalkan usaha dengan tepat
dan target pemasaran pun tercapai. Bagi bisnis kecil yang minim dan sangat
memperhatikan biaya, bukan berarti menjadi alasan untuk mengesampingkan
strategi pemasaran.

Lalu bagi bisnis kecil, kira-kira apa saja ya
yang bisa dilakukan untuk memasarkan usahanya tanpa mengeluarkan biaya yang
terlalu besar? Berikut telah kami kumpulkan informasi selengkapnya:

  • Media sosial untuk bisnis kecil

Memasarkan bisnis lewat media sosial seperti
Facebook, Twitter, hingga Instagram cukup membantu. Terutama karena
meningkatnya jumlah para pengguna media sosial di masa kini. Cobalah buat akun
untuk bisnis Anda di media sosial. Tak hanya hal tersebut membantu bisnis
menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, Anda juga akan dapat berkomunikasi
secara lebih mudah dengan para pelanggan setia.

Secara berkala, pasang video maupun foto
menarik seputar bisnis kecil tersebut. Tujuannya, supaya pelanggan makin dekat
dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, lewat media sosial
biasanya para pelanggan juga memiliki ruang untuk memberi review bagi bisnis
tersebut. Akan menguntungkan apabila review yang ditulis memberi kesan positif,
sehingga membuat pelanggan potensial yang membaca semakin yakin untuk membeli
produk maupun layanan di tempat bisnis yang baru dirintis ini.

  • Minta pelanggan mereferensikan bisnis

Cobalah juga untuk mengajak pelanggan
mereferensikan bisnis tersebut. Caranya bisa dengan membuat program referensi
seperti memberi potongan harga atau penawaran menarik bagi pelanggan yang
berhasil mengajak orang lain untuk berbelanja.

  • Cek keberadaan di dunia maya

Selain memastikan keberadaan bisnis di
jejaring sosial, cobalah juga untuk memastikan bisnis tersebut dapat ditemukan
keberadaannya di dunia maya. Misalnya bisa dengan membuat website atau blog,
atau bagi bisnis kuliner dapat mendaftarkan keberadaan tempat usaha di website
seperti TripAdvisor, Foursquare, Zomato, dan lain-lain. Pastikan segala
informasi penting seputar tempat usaha seperti alamat, nomor telepon, hingga
jam buka sudah tepat supaya dapat ditemukan dengan lebih mudah oleh calon
pelanggan yang tertarik.

  • Bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya

Cara pemasaran lain adalah dengan bekerja sama
dengan bisnis kecil lainnya. Misalnya Anda memiliki warung makan kecil lalu
bekerja sama dengan toko sembako kecil sekitar yang biasa dijadikan langganan
membeli kebutuhan bahan baku. Maka bisa saling bekerja sama untuk memasarkan
usaha satu sama lain kepada pelanggan masing-masing. Salah satunya dengan cara
memberikan kupon potongan harga untuk pelanggan yang berbelanja di kedua bisnis
tersebut.

  • Bagi ilmu melalui workshop

Cobalah untuk membagikan ilmu, terutama
terkait produk maupun layanan yang dijual oleh bisnis Anda melalui workshop.
Banyak orang yang cenderung tertarik untuk mengenal suatu layanan atau produk,
terutama yang bisa menambah pengetahuan mereka. Keuntungannya bagi bisnis
tersebut tentu saja karena kemungkinan memperkenalkan produk atau layanan yang
disediakan kepada masyarakat jadi meningkat.

Kedai kopi bisa dibilang model bisnis yang
sering melakukan hal tersebut. Misalnya saja dengan menggelar workshop
bertemakan meracik kopi yang benar, memilih biji kopi yang baik, latte art,
tips memilih peralatan kedai kopi, dan lain sebagainya.

  • Manfaatkan data seperti nomor WhatsApp, telepon, hingga e-mail

Ketika bisnis kedatangan pembeli pasti rasanya
senang. Apalagi jika pembeli bisa kembali lagi untuk berbelanja di tempat
bisnis tersebut, bukan? Maka dari itu cobalah untuk meminta pelanggan yang
sudah datang untuk mengisi formulir berisi informasi seputar nama, nomor kontak
untuk WhatsApp atau no. telp, hingga alamat e-mail (jika memungkinkan).

WhatsApp dan e-mail dapat digunakan sebagai sarana mengirimkan sms, broadcast message newsletter atau informasi-informasi menarik secara berkala kepada para pelanggan untuk menciptakan kesan positif yang membuat pelanggan ingin datang lagi. Bisa juga dengan menawarkan kupon atau potongan harga.

sumber: sinergy world

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar