Kubah Masjid Emas Terkenal Di Dunia

Indonesia sebagai Negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam memiliki banyak masjid-masjid besar yang tersebar di berbagai daerah. Beberapa dari masjid-masjid besar tersebut bahkan menjadi icon dari sebuah daerah. Sebut saja seperti Masjid Raya Baiturrahman yang menjadi icon kota Banda Aceh, Masjid Istiqlal yang merupakan salah satu tempat penting di Jakarta, dan masjid yang memiliki kubah masjid emas yang sangat terkenal di Kota Depok. Tidak hanya terdapat di Indonesia, masjid dengan kubah berwarna emas juga terdapat dibeberapa Negara di dunia.

Kubah masjid merupakan bagian penting yang menjadi ciri khas dari tempat ibadah ini. Beberapa masjid menggunakan kubah-kubah yang unik untuk menambah nilai estetika dan menjadi ciri khas dari masjid itu sendiri. Salah satu contohnya adalah kubah masjid emas yang digunakan di beberapa Negara termasuk Indonesia. Berikut beberapa masjid yang menggunakan kubah emas di dunia:

  1. Masjid Jamiā€™asr, Brunei Darussalam

Masjid ini memiliki 29 kubah yang terbuat dari emas murni 24 karat. Bangunan yang terletak di tengah taman yang asri ini mempunyai luas hampir mencapai 2 hektar lebih.

  1. Masjid Al-Askari, Irak

Merupakan masjid Syiah yang dibangun pada tahun 944 masehi. Masjid ini terletak di kota Samarra, Irak. Namun sayangnya masjid ini hancur pada bulan Februari 2006 sebagai akibat tidak langsung dari invasi Amerika Serikat ke Irak.

  1. Masjid Suneri, Pakistan

Masjid ini memiliki 3 kubah emas. Satu kubah merupakan kubah utama, sedangkan 2 lainnya adalah kubah tambahan disisi kiri dan kanan.

  1. Masjid Dian Al-Mahri, Indonesia

Masjid ini lebih dikenal sebagai Masjid Kubah Mas, depok. Masjid yang diresmikan pada tahun 2006 ini seketika menjadi icon kota depok yang melegenda.

Berbagai cara diterapkan dengan harapan dapat menarik perhatian masyarakat untuk mengunjungi masjid dan beribadah didalamnya. Salah satunya adalah dengan membangun kubah masjid emas yang unik dan menambah kesan mewah pada suatu masjid. Hal ini menunjukan bahwa Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keindahan dalam segala hal termasuk bangunan tempat beribadahnya.

tempat jual karpet masjid

 

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar