Ornamen Menara Masjid Bertema Sederhana

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat Muslim. Ketika masuk waktu untuk beribadah umat Muslim memiliki panggilan khusus yang disebut Adzan. Setiap masjid besar biasanya mengumandangkan Adzan dari menara masjid yang masih terletak di lingkungan masjid. Setiap masjid memiliki bentuk, gaya dan ornamen menara masjid yang menjadi ciri khas tersendiri mengikuti tema dari masjid itu sendiri. Dalam Islam, kesederhanaan adalah emas yang artinya lebih baik kita bergaya sederhana dari pada memaksakan diri untuk bermewah-mewah. Dengan berdasarkan pada prinsip tersebut, banyak masjid yang dibangun dengan gaya klasik yang sederhana termasuk dengan konsep menara masjidnya.

Salah satu tema sederhana dari masjid adalah tema klasik yang berasal dari Persia. Tema ini menggunakan kubah pada bagian atas masjid dan kubah kecil pada menaranya. Menara masjid memiliki tinggi yang beragam. Menara masjid tertinggi tercatat setinggi 99 meter yang terdiri dari 15 lantai. Pada bagian atas menara terdapat speaker besar untuk mengumandangkan Adzan hingga terdengar hingga tempat yang jauh. Setiap menara memiliki ornamen menara masjid yang sesuai dengan tema arsitektur yang digunakan dalam pembangunan masjid. Salah satu contoh gaya sederhana yang sering digunakan adalah pemberian kubah kecil pada puncak menara dengan warna yang senada dengan kubah atau atap masjid. Pada bagian atas menara dibuat ruangan khusus tempat menaruh speaker.

Kesederhanaan merupakan konsep dasar yang dianut oleh setiap Muslim. Begitupun dalam hal arsitektur bangunan. Kebanyakan masjid menggunakan gaya arsitektur yang simple atau sederhana, begitupun dengan menaranya. Menara masjid biasanya terdiri dari satu warna dominan yang merupakan warna netral seperti putih. Pemberian hiasan pada menara masjid juga tidak berlebihan melainkan hanya bagian atasnya saja yang diberi ornamen menara masjid yang sesuai dengan tema masjid yang dibangun. Biasanya ornamen tersebut hanya berupa kubah atau atap dengan bentuk ang unuk serta tampak luar ruang peletakan speaker yang dibuat dengan berbagai bentuk sebagai bentuk dari penerapan nilai estetika dari tempat beribadah tersebut.

Sumber: jualkarpetmasjid.com

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar