Pahami Beberapa Hal Berikut Ini Agar Kalian Tidak Tertipu Saat Ingin Menggunakan Layanan Asuransi Jiwa

Berbicara mengenai asuransi, pada dasarnya merupakan berbicara tentang perlindungan dan manfaat. Memiliki asuransi allianz, artinya Anda telah mengalokasikan perencanaan keuangan untuk proteksi atas hal-hal yang dapat terjadi.

Sebelum menentukan asuransi yang tepat, pastikan keperluan Anda dan cari produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan itu. Ada banyak macam asuransi yang memberikan perlindungan sesuai dengan namanya. Asuransi kesehatan contohnya, memberikan manfaat rawat inap atau rawat jalan saat tertanggung jatuh sakit.

Asuransi jiwa menyediakan Uang Pertanggungan (UP) kepada ahli waris ketika tertanggung tutup usia. Asuransi kendaraan memberikan ganti rugi ketika terjadi risiko kecelakaan hingga pada kehilangan pada kendaraan.

Jika sudah memilih asuransi yang Anda perlukan, mulailah berburu perusahaan asuransi yang punya performa baik. Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat daftar perusahaan asuransi, pelajari profil perusahaan, serta memahami mengenai kekuatan finansial perusahaan asuransi tersebut. Selain itu, apa saja yang harus diketahui sebelum membeli sebuah produk asuransi? Dengan tau hal-hal berikut ini penting agar tak ada masalah kelak :

  • Mengetahui mengenai jumlah premi dan waktu pembayaran premi

Pastikan angka premi yang wajib  Anda bayar dan berapa lama Anda perlu membayar premi tersebut. Setelah itu, Anda bisa membandingkan dengan manfaat yang diperoleh. Selain itu, pastikan pula bagaimana mekanisme pembayaran premi. Contohnya saja, apakah bulanan, enam bulanan, atau tahunan. Demikian juga teknis pembayaran, seperti transfer via bank, pembayaran langsung atau, dapat dilakukan dengan autodebet, dan lain-lain.

  • Mengetahui jenis produk

Waktu membeli produk asuransi, jangan lupa menanyakan jenis produknya, apakah asuransi tradisional atau kombinasi antara asuransi dan investasi atau yang juga dikatakan sebagai unit link. Masing-masing jenis asuransi ini akan mempengaruhi jumlah permi yang Anda lunasidan manfaat serta UP yang akan Anda terima. Pastikan kegunaan dan UP yang akan Anda dapatkan dengan rinci, demikian juga mengenai masalah investasi dalam produk ini.

  • Mengetahui proses dan jalannya klaim

Memastikan kenapa proses klaim saat terjadi risiko adalah hal penting yang harus Anda tanyakan saat membeli produk asuransi. Misalnya, untuk asuransi kesehatan, apakah sistem klaimnya cashless atau reimbursement. Jangan lupa juga untuk menanyakan soal dokumen yang harus dipenuhi ketika mengajukan klaim, dan teknis pengajuan klaim serta pengiriman dokumen.

Hal lainnya, Anda juga harus memahami apakah perusahaan asuransi punya kantor cabang di kota domisili Anda. Mengetahui soal ini wajib untuk memastikan bahwa ada perwakilan perusahaan yang dapat Anda jangkau saat mengajukan proses klaim atau ada hal lain yang ingin Anda ketahui.

  • Mengetahui kegunaannya

Asuransi berfungsi memberikan proteksi. Maka dari itu, Anda harus memastikan manfaat perlindungan yang didapatkan. Misalnya, jika Anda membeli produk asuransi jiwa, tanyakan berapa jumlah UP yang akan diperoleh pada sang ahli waris. Setelah mengetahui angkanya, Anda bisa berhitung apakah jumlahnya cukup untuk keperluan keluarga setelah Anda tidak ada, setidaknya untuk lima tahun kedepan.

  • Mengetahui proteksi yang ada

Memastikan apa saja proteksi yang diperoleh. Misalnya, ketika membeli produk asuransi kesehatan, jangan lupa untuk menanyakan penyakit-penyakit yang ada dalam paket asuransi pilihan Anda. Sesuaikan pula dengan kebutuhan. Apalagi, jika Anda memiliki riwayat penyakit keturunan yang kemungkinan membutuhkan perlindungan kelak. Lainnya, jika membeli produk asuransi kendaraan, tanyakan megenai apakah kelak asuransi akan menanggung comprehensive loss atau dikenal dengan partial loss.

Saat sudah memastikan semua hal di atas, pastikan Anda benar-benar membaca polis, pelajari, dan pahami dengan baik terutama mengenai hak serta kewajiban masing-masing pihak.

Leave a Reply

css.php
Skip to toolbar